Sabtu, 28 Januari 2012

soal no.3 tentang TAGIHAN PDAM

soal no.3 tentang TAGIHAN PDAM

untuk lebih jelas , klik disini

Public Class Form1

    Private Sub login_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnlogin.Click
        If nomor.Text = "123456" And password.Text = "090909" Then
            MENUUTAMA.Show()
            Me.Hide()
        Else
            MsgBox("DATA ANDA SALAH !!!")
            nomor.Text = ""
            password.Text = ""
        End If
    End Sub
End Class

(SELANJUTNYA BUAT FORM LAGI DENGAN NAME : MENUUTAMA.VB)
DESAIGN TAMPILAN MENGGUNAKAN "MENUS & TOOLBAR" PADA TOOLBAR.


Public Class MENUUTAMA


    Private Sub DATAPELANGGANToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DATAPELANGGANToolStripMenuItem.Click
        DATA_pelanggan.Show()
    End Sub
End Class

(SELANJUTNYA BUAT FORM LAGI DENAGAN NAME: DATA_pelanggan)
DESAIGN TAMPILAN DAN PROGRAM :

Public Class DATA_pelanggan

    Sub BUATTABEL()
        LV.Columns.Add("No.REKENING", 100, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("NAMA", 130, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("KODE PELANGGAN", 70, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("NO.URUT", 50, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("DAERAH", 100, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("TIPE PELANGGAN", 100, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("BEBAN BIAYA", 90, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("HARGA PER m3", 90, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("PEMAKAIAN", 60, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("BIAYA", 160, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("PAJAK", 100, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("TOTAL BAYAR", 180, HorizontalAlignment.Center)
        LV.View = View.Details
        LV.GridLines = True
        LV.FullRowSelect = True

    End Sub
    Sub ISITABEL()
        Dim LST As New ListViewItem
        LST.Text = NOREK.Text
        LST.SubItems.Add(NAMA.Text)
        LST.SubItems.Add(KODE.Text)
        LST.SubItems.Add(NOMOR.Text)
        LST.SubItems.Add(LOKASI.Text)
        LST.SubItems.Add(TIPEPELANGGAN.Text)
        LST.SubItems.Add(BEBAN.Text)
        LST.SubItems.Add(HARGA.Text)
        LST.SubItems.Add(PEMAKAIAN.Text)
        LST.SubItems.Add(BIAYA.Text)
        LST.SubItems.Add(PAJAK.Text)
        LST.SubItems.Add(TOTAL.Text)
        LV.Items.Add(LST)
    End Sub

    Private Sub DATA_PELANGGAN_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        BUATTABEL()
        LOKASI.Items.Add("MEDAN")
        LOKASI.Items.Add("BELAWAN")
        LOKASI.Items.Add("AKSARA")
        LOKASI.Items.Add("MARINDAL")
        LOKASI.Items.Add("BINJAI")
        LOKASI.Items.Add("LUBUK PAKAM")

        TIPEPELANGGAN.Items.Add("TOKO")
        TIPEPELANGGAN.Items.Add("RUMAH")
        TIPEPELANGGAN.Items.Add("SWALAYAN")
        TIPEPELANGGAN.Items.Add("PABRIK")


    End Sub

    Private Sub TIPEPELANGGAN_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles TIPEPELANGGAN.SelectedIndexChanged


        If TIPEPELANGGAN.Text = "TOKO" Then
            BEBAN.Text = 25000
            HARGA.Text = 300
        ElseIf TIPEPELANGGAN.Text = "RUMAH" Then
            BEBAN.Text = 15000
            HARGA.Text = 100
        ElseIf TIPEPELANGGAN.Text = "SWALAYAN" Then
            BEBAN.Text = 10000
            HARGA.Text = 200
        ElseIf TIPEPELANGGAN.Text = "PABRIK" Then
            BEBAN.Text = 250000
            HARGA.Text = 500
        End If

        KODE.Text = TIPEPELANGGAN.Text & LOKASI.Text & NOMOR.Text

    End Sub

    Private Sub PEMAKAIAN_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles PEMAKAIAN.TextChanged
        BIAYA.Text = (PEMAKAIAN.Text * HARGA.Text) + BEBAN.Text

        PAJAK.Text = 0.01 * BIAYA.Text

        TOTAL.Text = Val(BIAYA.Text) + PAJAK.Text
    End Sub

    Private Sub BTNOK_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BTNOK.Click
        ISITABEL()

    End Sub

    Private Sub BTNHAPUS_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BTNHAPUS.Click
        NOREK.Text = ""
        NAMA.Text = ""
        KODE.Text = ""
        NOMOR.Text = ""
        LOKASI.Text = ""
        TIPEPELANGGAN.Text = ""
        BEBAN.Text = ""
        HARGA.Text = ""
        PEMAKAIAN.Text = ""
        BIAYA.Text = ""
        PAJAK.Text = ""
        TOTAL.Text = ""
        NOREK.Focus()

    End Sub

    Sub BTNKELUAR_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BTNKELUAR.Click
        End

    End Sub

    Private Sub BTNHAPUSSEMUA_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BTNHAPUSSEMUA.Click
        LV.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub BTNHAPUSDIPILIH_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles BTNHAPUSDIPILIH.Click
        LV.Items.Remove(LV.SelectedItems(0))

    End Sub
End Class

Tidak ada komentar:

Posting Komentar